2013/03/05

Mempersiapkan Kuliah Pertama


Kuliah, pasti yang sedang mempersiapkan masuk kuliah sudah tidak sabar lagi untuk tau "bagaimana sih kuliah itu, dan bagaimana sih mekanismenya, apa sih fakultas itu, apa sih jurusan itu, dan apa sih dan serba ingin tau" karena malu donk kalau kita dianggap kuper he he he bener ndak...? 

Baik, kali ini saya akan membahas mengenai apa-apa saja yang harus sobat persiapkan untuk masuk kuliah baik di Universitas Negeri maupun di Universitas Swasta.

Sebelum kita berbicara lebih jauh mari kita sedikit tau mengenai Program Studi, Jurusan, Fakultas, dan Universitas. 

Program Studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman Penyelenggaraan pendidikan akademik dan/ atau profesional yang diselengga- rakan atas dasar suatu kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum. 

Jurusan adalah unsur pelaksana akademik Sekolah Tinggi  yang melaksanakan sebagian tugas  dan fungsi Sekolah Tinggi  yang menjadi tanggung jawab Ketua. Jurusan dipimpin oleh Ketua Jurusan yang diangkat dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua. Dalam melaksanakan tugas, Ketua Jurusan dibantu oleh seorang sekretaris.

Fakultas adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Universitas Jambi yang berada di bawah Rektor. Dalam melaksanakan tugas, Dekan dibantu oleh 3 (tiga) orang Pembantu Dekan. Pembantu Dekan berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Fakultas mempunyai tugas mengkoordinasi dan/atau melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu atau seperangkat cabang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, fakultas mempunyai fungsi :

  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan.
  • Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
  • Melaksanaan pembinaan sivitas akademika.
  • Melaksanakan urusan tata usaha fakultas.
Fakultas terdiri dari :
  • Dekan dan Pembantu Dekan
  • Senat fakultas
  • Jurusan
  • Laboratorium/studio
  • Dosen
  • Bagian tata usaha.
Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi"
[wikipedia]

Sudah tau kan jadi tidak salah lagi kalau menyebut garis besarnya atasan Prodi (koordinator) itu Jurusan (ketua) atasan Jurusan  itu Fakultas (dekan) dan atasan Fakultas itu Universitas (Rektor) atasanya Rektor (Menteri) atasannya Menteri (Presiden) atasanya Presiden (rakyat).
-->
Kembali ke topik pembahasan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan didalam anda mencari ilmu di perguruan tinggi, sobat juga harus memperhatikan siklus politik yang ada di negara yang kita cintai ini, karena ini berhubungan dengan apa yang sobat hadapi secara langsung, misalnya kebijakan pemerintah yang berimbas langsung dengan ilmu yang sedang sobat pelajari "bisa diterima kan???" 

Namun kalau sobat baru akan menginjak semester 1 yang perlu diperhatikan adalah Mata kuliah yang akan dihadapi, atau berapa SKS (Satusan Kredit Semester) yang akan sobat pilih. ini penting karena ini juga berhubungan dengan lama dan tidaknya anda berada di kampus xixixixi jangan sampai jadi mahasiswa abadi kayak saya. Kalau di Universitas negeri SKS biasanya Paket atau sudah ditentukan misal paketnya 20 SKS, namun anda jangan kuatir karena kalau dalam 20 SKS itu sobat nilainya bagus semester berikutnya sobat bisa ngambil yang lebih banyak dari 20. Di Universitas Swasta SKS paling banyak 24, sama dengan di universitas Negeri kalau nilainya jeblok ya paling boleh ngambil 18 atau 14 kayak saya sekarang ini ha ha ha ha ha.

Kesimpulannya apa yang harus dipersiapkan secara garis besar sudah tau kan, yang pertama pengenalan instansi-instansi yang nantinya akan setiap hari dikunjungi atau situs-situs yang nantinya sering dikunjungi seperti sistem akademik, kalau instansi ya Fakultas, kalau jurusan biasanya satu wilayah dengan Prodi kita. Terus apa lagi ya, ooowh iya organisasi yang akan diikuti yang sesuai dengan hobi dan cita-cita kita kalau pengen jadi photografer ya di organisasi yang berhubungan dengan fotografer jangan salah pilih pokoknya kalau mau jadi pendekar ya di Taekwondo atau Karate, Atau SH xixixixi kalau mau jadi politisi ya di BEM aja xixixixi.

Sekian dulu ya catatan dari saya semoga bermanfaat ooowh ya kalau ada tulisan ane yang belum sobat mengerti bisa ditanyakan melalui komentar di bawah ini, kalau ada yang salah mohon dikritik. 




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Ahmad Roqib, Published at 09:51 and have